Misteri Kota Saranjana, Kota Jin tak Kasat Mata di Kalimantan

Apakah anda pernah mendengar kota misterius bernama Saranjana?

Kalau saya sendiri sebenarnya sudah agak lama mendengar cerita ini dari teman-teman saya yang asli orang kalimantan, atau tetangga saya yang pernah merantau ke kalimantan sehingga pernah menceritakan tentang kota misterius bernama Saranjana.

Namun waktu itu saya mengabaikan cerita tersebut dan menurutku itu hanya cerita mitos zaman dulu yang tidak mungkin bisa terjadi di jaman sekarang.

Namun baru-baru ini saya jadi teringat cerita tersebut kembali, gara-garanya di timline medsos saya banyak bertebaran cerita tentang kota Saranjana tersebut.

Salah satunya yaitu bercerita tentang pengalaman dia sendiri melalui akun facebooknya begini,


"Ini Kejadian NYATA ya, tahun kemarin apa awal-awal tahun 2017 kalo gak salah, dikontak bbm kan berteman sama kurir dan admin J&T kotabaru. Terus heboh lah di bbm pada masang DP chat tentang ada paketan dari Banjarmasin ke Saranjana. Otomatis pada horor lah mana ada yg mau ngantar kesana.. sama aja ngantar nyawa, emang ada yang mau pergi ngantar paket tapi kagak balik-balik lagi ke dunia nyata!!

Bosnya J&T Kotabaru yang tinggal di Banjarmasin ini orang Chinese terus di kasih tau sama orang J&T Kotabaru kalo kota Saranjana itu gak ada. Itu kota makhluk halus. Lah bosnya kagak percaya dia bilang "masa hari gini masih percaya tahayul?"

Terus sampai lah itu paketan yang isinya HP dan anehnya gak ada alamatnya cuma ada foto penerimanya aja. Dan akhirnya itu paket dibiarin aja d kantor J&T Kotabaru, ntar kalo paketnya udah hilang berarti udah diambil sama yg punya paket."

Nah, setidaknya potongan cerita itulah yang kemudian saya jadi teringat tentang cerita kota misterius dari kota bernama Saranjana.

Kalau saya dulu tanya ke yang cerita tentang kota Saranjana tersebut, katanya berlokasi di Desa Oka-Oka, Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kabupaten Kotabaru, Propinsinya masuk wilayah Kalimantan Selatan.

Kalau seingat saya sih kata tetanggaku yang pernah mendengarkan cerita tentang kota Saranjana ini, diceritakan bahwa kota Saranjana ini seperti kota yang dihuni jin.

Bahkan menurut cerita yang didengar dari warga asli sekitar pulau tersebut, disebutkan jika rata-rata jin di kota Saranjana tersebut adalah Jin Islam.

Perlu anda tahu bahwa jin itu sama seperti manusia dalam hal keimanan dan agamanya, yaitu ada yang jin muslim dan ada juga jin kafir.

Jadi katanya pernah ada warga sekitar pulau tersebut yang diculik untuk menjadi imam di kota Saranjana karena dianggap memiliki ilmu agama yang baik sehingga warga kota Saranjana menginginkan dia untuk jadi imam di kota tersebut.

Kehidupan di kota Saranjana tersebut konon malah jauh lebih megah dan gemerlap daripada kota terdekat disekitar tersebut. Bahkan bisa dibayangkan sudah seperti kota metropolitan, hal tersebut dikarenakan menurut warga yang pernah melihatnya, di kota Saranjana sendiri juga ada gedung-gedung megah berbintang menjulang tinggi dan penuh dengan cahaya.

Namun katanya, yang membedakan itu ada pada bentuk nmakanan dan buah-buahan yang besarnya hampir duakalilipat daripada dengan yang ada di sekitar kota Saranjana tersebut.

Katanya ada penduduk atau nelayan yang pernah tersesat dan diselamatkan oleh warga Saranjana, kemudian diberikan makanan dan buah-buahan yang ukuranya sangat besar. Namun anehnya, begitu dibawa pulang, buahnya kemudian berubah menjadi kecil dan kota Saranjana hilang tak terlihat.

Bahkan ada juga kisah aneh lainya, dimana ada perusahaan alat ebrat dari Jakarta yang menerima pesanan beberapa alat berat dari kota Saranjana. Namun saat dikonfirmasi oleh pihak Pemda Kotabaru, kota Saranjana memang tidak ada.

Namun anehnya, si pengusaha tersebut mengaku sudah dibayar dan ditransfer ke perusahaan tersebut.

Setidaknya itulah beberapa cerita yang saya ingat tentang kota bernama Saranjana. Namun kemudian saya mencoba googling dan ternyata cerita yang saya dengar hampir sama dengan apa yang diceritakan dari ebrbagai sumber penduduk sekitar.

Bagaimana, apakah anda percaya?

Kalau saya sih memang setengah percaya tapi setengah percaya juga, karena dalam islam memang disebutkan bahwa makhluk jin itu memang ada.

Wallohu'alam.....