Fenomena Supercell yang Sangat Indah dan Mengagumkan Tapi MEMATIKAN!

Saya termasuk orang yang suka dan tertarik saat melihat sebuah fenomena alam, apalagi jika fenomena tersebut mampu kita lihat.

Salah satu fenomena alam yang menurut saya menarik perhatian saya adalah adanya fenomena alam bernama Supercell.

Saya sendiri jujur saja abru tahu apa itu Supercell tadi malam saat melihat di beranda facebook saya, muncul adanya teman saya yang ngeshare siaran langsung dari salah satu fanpage international, dimana fanpage tersebut menayangkan siaran langsung fenomena Supercell yang sangat mengagumkan tapi sekaligus mengerikan.

Karena penasaran, saya kemudian mencoba mencari tahu apa itu Supercell dan akhirnya saya mendapatkan beberapa informasi dari berbagai sumber.

Misalnya yang saya dapat dari wikipedia yang menyebut bahwa Supercell merupakan badai petir yang ditandai dengan adanya mesosiklon dalam, terus-menerus berputar ke atas.Untuk alasan ini, badai ini kadang-kadang disebut sebagai badai petir yang berputar.

Setidaknya dalam wikipedia tersebut disebutkan bahwa ada empat klasifikasi badai petir diantaranya yaitu supercell, squall line, multisel, dan single-cell.

Dari keempat klasifikasi badai petir tersebut, supercell dianggap sebagai keseluruhan badai petir yang paling umum dan memiliki potensi untuk menjadi yang paling parah. Supercells sering terisolasi dari badai petir lainnya, dan dapat mendominasi iklim setempat sejauh 32 kilometer (20 mil).

Setelah tahu apa itu Supercell, saya juga jadi teringat dengan apa itu yang disebut dengan Tornado.

Saya juga kemudian mencoba mencari tahu apa sebenarnya perbedaan antara Supercell dan Tornado, namun saya mencoba caritahu akan tetapi belum menemukan informasi yang membahas secara lengkap.

Namun setidaknya, untuk mencari tahu perbedaanya, saya cukup mencari tahu apa itu Tornado.

Dalam wikipedia disebutkan jika Tornado merupakan sebuah fenomena alam kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah.

Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing. Umumnya tornado memiliki kecepatan angin 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang.

Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300–480 km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km.

Meskipun tornado telah diamati di tiap benua kecuali Antartika, tornado lebih sering terjadi di Amerika Serikat. Tornado juga umumnya terjadi di Kanada bagian selatan, selatan-tengah dan timur Asia, timur-tengah Amerika Latin, Afrika Selatan, barat laut dan tengah Eropa, Italia, barat dan selatan Australia, dan Selandia Baru.

Dari pengertian tersebut, salah satu yang saya fahami terkait dengan perbedaan Supercell dan Tornado adalah dari segi bentuknya. Jika Supercell lebih berbentuk lebih besar dan tidak memiliki bentuk mengerucut, sedangkan jika Tornado, salah satu ciri khususnya selalu membentuk mengerucut ke bawah.

Namun keduanya menurut saya memang sangat indah dan mengagumkan jika dilihat, namun sangat berbahaya dan mematikan.

Karena saya sudah terlanjur penasaran, akhirnya saya sekalian juga mencari tahu dan mendokumentasikan terkait dengan fenomena Supercell ini dalam bentuk gambar dan video.

Dibawah ini saya lampirkan rekaman-rekaman video yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, dan dibawah video saya sertakan juga gambar-gambar Supercel yang sangat indah dan mengagumkan tapi memang sangat berbahaya dan mematikan.

Kumpulan Video Supercell



Berikut ini merupakan beberapa gambar yang saya dapat dari berbagai sumber:






Dari fenomena Supercell tersebut diatas, kita bisa menjadikan ini sebagai renungan betapa kebesaran Tuhan sungguh luar biasa.

Kita bisa melihat dan menyaksikan betapa jika Tuhan sudah menciptakan sesuatu, maka niscaya itu akan bisa membuat kita bertambah kagum atas kebesaran Tuhan dalam menciptakan sesuatu.

Jika anda ingin melihat lebih lengkap terkait gambar dan video Supercell, silahkan anda bisa menyaksikanya dalam bentuk videonya diatas. Disana saya mendokumentasikan video dan gambar Supercell sekitar 11 menit 57 detik.

Semoga bisa memberikan tambahan pengetahuan dan menambah keimanan kita akan kebesaran Alloh S.W.T.

Amiiiin