Aktor Gimbal Jadi Imam Sholat Merdu Banget! Jangan Nilai dari Casing!

Baru-baru ini sedang viral terkait dengan video Cupink Topan yang nama aslinya Sofyan Alop karena membaca Al-Qur'an dengan merdu dan menyenttuh. Padahal secara tampangnya dianggap sebagai orang yang secara penampilan mungkin tak mungkin bisa baca Al-Qur'an dengan merdu.

Apalagi kalau anda lihat, kebanyakan orang dengan penampilan seperti Cupink Topan mungkin akan diangga dan dinilai sebagai orang yang jauh dari orang yang suka baca Al-Qur'an.

Namun faktanya, netizen di Indonesia sekarang justru memuji habis-habisan akan aksi Cupink Topan karena keindahanya melafalkan surat Al-Fatikhah dan Surat Al-Jumuah saat menjadi imam sholat magrib di mushola hotel bidakara.

Videonya tersebut pada awalnya beredar di facebook, yang kemudian sudah langsung menyebar ke berbagai medsos, termasuk youtube.

Saya sendiri termasuk orang yang ikut mendokumentasikanya di yutube yng saya tautkan juga di bagian bawah tulisan ini.

Dalam video yang saya publish sejak 29 Juli 2017 kemarin, kini sudah ditonton hingga lebih dari 0 ribu viewer [dan masih terus bertambah].

Dalam video tersebut saya menuliskan cption deskripsi sebagai berikut,

Subhanalloh! Allohuakbar! Saya berkali-kali dengarkan suaranya tidak ada bosanya!

Kalau tidak salah ingat, itu surat yang dibaca usai surat al-fatikhah itu surat Al-Jumuah ayat 9-11,

Ini bacaan dan artinya,
Surat Al-Jumu’ah Ayat 9

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Surat Al-Jumu’ah Ayat 10

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Surat Al-Jumu’ah Ayat 11

وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا ۚ قُلْ مَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ ۚ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah: "Apa yang di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perniagaan", dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezeki.


Aktor ini dikenal dengan sebutan Cupink Topan, tapi nama aslinya Sofyan Alop. Dia merupakan Putra Tidore yang juga Aktor di film Laga.

Qiraah nya luara biasa. Beliau menjadi imam di Hotel Bidakara.

Perlu anda tahu jika Yang duduk di belakang itu adalah Gubernur Maluku Utara KH. Abdulgani Kasuba. Lc. sampai terkesima Mendengarkan suaranya.

Video ini direkam oleh ajudan Gubernur Maluku Utara. Sang ajudan merekam atas perintah Gubernur yang merasa kagum dengan cara Sofyan membaca ayat-ayat Alquran.

Menurut Sofyan, awalnya Gubernur Maluku Utara tersebut memandang negatif dirinya saat hendak memimpin salat. Namun usai salat Gubernur meminta maaf karena ternyata suaranya sungguh merdu.



Dari cerita tersebut, anda juga bisa melihat, jangankan kok kita masyarakat awam, lah itu Gubernur Maluku Utara saja yang sudah bergelar KH. Abdulgani Kasuba. Lc juga sempat berfikiran negatif pada awalnya. Namun akhirnya beliau sendiri mengakui kesalahanya dan meminta maaf kepada Cupink Topan alias Sofyan Alop.

Saya sendiri usai menyaksikan video ini, saya teringat dengan teman saya, rambutnya persis dengan punya si Cupink Topan. Dulu awal kenal saya juga nilai orangnya tidak baik, tapi Demi Alloh, kalau saya disuruh menyebut teman terbaik saya saat ini, saya akan sebut dialah teman terbaik saya.

Kenaa, karena itu teman saya memang baik banget orangnya, dia itu selalu menolong orang-orang yang membutuhkan pertolonganya, rajin sholat, puasa senin-kamis, dan aktiv mengajar di TPA, dan suka berbagi imu wirausaha.

Sejak bertemu dia juga, saya tidak berani menilai orang hanya dari penampilan luarnya saja, tapi kita perlu melihat dari sudut pandang yang lainya juga.