Menikmati Pesona Pantai Wedi Ombo di Gunung Kidul Yogyakarta

Menikmati Pesona Pantai Wedi Ombo di Gunung Kidul Yogyakarta.


Personal BLOG | Pantai Wedi Ombo | Jalan seolah tak berujung, begitulah kesan rasa jauhnya perjalanan menuju pantai yang seolah-olah seperti di paling ujung pantai-pantai di Gunung Kidul.

Namun semuanya terbayar sudah usai menyaksikan keindahanya, Ya, Pantai Wedi Ombo yang berada di GUnung Kidul Yogyakarta memang sungguh mempesona.

Bagi anda yang belum tahu pesona pantai-pantai di Gunung Kidul, anda wajib mencoba merasakan sensasi dan menikmati keindahan pantai-pantai di seluruh Gunung Kidul.

Saya sudah beberapa kali berkunjung ke pantai-pantai yang berlokasi di Gunung Kidul, hampir semuanya mempesona dan mengagumkan.

Bahkan yang menarik hampir setiap saat selalu ditemukan nama-nama pantai baru di Gunung Kidul yang selalu membuat kita terpana akan keindahanya.

Dahulu saat pertama-tama mendengar nama wisata di Gunung Kidul, paling kita hanya mendengar nama pantai seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal.

Namun berjalanya waktu dan adanya internet dan kemunculan media sosial, maka semakin banyak orang melakukan explore wisata pantai-pantai di Gunung Kidul melalui media sosial sehingga semakin hari semakin banyak orang mengenal banyak pantai-pantai mengagumkan di Gunung Kidul.

Terlalu banyak jika saya harus melakukan review pantai-pantai di Gunung Kidul.

Secara berkala nanti akan saya review satu persatu mengenai pengalaman saya saat melakukan perjalanan ke berbagai pantai di Gunung Kidul Yogyakarta.

Kali ini saya ingin melakukan review mengenai pantai Wedi Ombo yang berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Wedi Ombi diambil dari bahasa jawa yang berarti pasir lebar, lebih jelasnya dinamakan pantai wedi ombo karena pantai ini memang memiliki hamparan pasir yang lebar [ombo] jika dibandingkan dengan hamparan pasir di pantai-pantai lainya.

Untuk menjangkau wisata ini, saya melakukan perjalanan dari kota Yogyakarta sekitar 2,5 jam perjalanan. Saya sendiri bersama Istri saya memutuskan untuk menginap di Hotel sekitaran Malioboro karena saya mengatur perjalanan liburan di Yogyakarta dengan dua tujuan.

Di pagi hari hingga sore hari, saya memutuskan menikmati beberapa pantai di Gunung Kidul, salah satunya pantai Wedi Ombo dan pada malam harinya saya ingin menikmati suasana kota Yogyakarta.

Saat melakukan perjalanan menuju ke Pantai Pasir Wedi Ombo. hal yang harus anda lakukan adalah, anda wajib mengisi bahan bakar penuh di sekitaran Kota Wonosari karena berjarak hampir 30km dari kota Wonosari, anda tidak akan menemukan pom bensin.

Jika anda dari arah kota Yogyakarta, untuk menuju pantai Wedi Ombo, anda harus mengikuti papan petunjuk yang hampir ada di setiap lampu merah saat anda akan memasuki kota Wonosari.

Ikuti saja papan petunjuk tersebut hingga akhirnya anda akan diantarkan ke jalan menuju pantai Wedi Ombo.

Anda juga harus memastikan bahwa kendaraan anda dalam kondisi yang baik. Karena saat anda melakukan perjalanan ke Pantai Wedi Ombo, anda akan kesulitan menemukan bengkel dan perumahan penduduk. Kalaupun ada jaraknya masih jauh dan lebih didominasi oleh perbukitan bebatuan yang terjal.

Hal lain yang perlu anda persiapkan juga terkait kehati-hatian karena banyak tikungan tajam, jalan yang naik turun mewajibkan anda tidak boleh lengah dan harus tetap waspada.

Tiket masuk di Pantai Wedi Ombo harga resminya sebenarnya hanya Rp 9.500,- namun saya sendiri dikenakan Rp 10.000,- untuk dua orang. Terkait hal ini sendiri saya masih bingung sebenarnya berapa harga resmi setiap perorangnya.

Begitu anda sampai di lokasi Pantai Wedi Ombo, dari atas anda akan melihat keindahan pantai Wedi Ombo yang didominasi bebatuan karang yang ditepian pantai terhampar pasir putih yang indah.

gambar: koleksi pribadi

Saat anda melakukan foto-foto disini, anda tetap harus berhati-hati karena terkadang ombak datang secara tiba-tiba.

Saya sendiri awalnya berfoto-foto di bagian tengah karang-karang, namun saat asyik sedang berfoto-foto dengan istri saya, tiba-tiba datang ombak yang ternyata sudah menggenangi karang-karang tempat saya berfoto.



Untungnya ombak tersebut tidak terlalu besar dan tidak terlalu dalam sehingga saya dan istri saya bisa terhindar dari ombak tersebut.

Terkait kuliner disini sendiri ada beraneka ragam, dari mulai es kelapa muda, pecel, ikan laut, dan berbagai kuliner lainya ada disini.

Untuk masalah harga, anda tidak perlu takut dikenakan harga yang mahal karena harga disini tidak terlalu mahal. isalnya saja es jeruk disini harganya hanya Rp 3 ribu saja, demikian juga harga makanan lainya tidak beda jauh dengan harga di kota. Namun jika anda masih ragu, tidak ada salahnya anda harus tanya harga lebih dahulu sebelum memesan makanan atau barang disini agar anda tidak menyesal dengan harganya.



Tak terasa sudah panjang lebar banget saya menulis tentang pasir Wedi Ombo, di sekitaran pasir wedi Ombo sebenarnya masih ada banyak lagi pantai-pantai indah lainya, namun biar tulisan ini tidak terlalu panjang, pada kesempatan yang lain akan saya ulas juga disini.