Hampir 6 Tahun Ngeblog di Blogdetik dan Tetap Ingin di Blogdetik

f8793234a0b986e5fdf54502bb72b723_blogdetik


Kalau kadang beberapa bloger mengatakan dengan istilah, "Tidak terasa sudah sekian tahun saya ngeblog di blogdetik...". Tapi kalau bagi saya waktu yang hampir 6 Tahun Ngeblog di Blogdetik itu sangatlah saya rasakan.


Yang saya rasakan dari tahun ke tahun ngeblog di blogdetik itu saya bisa belajar banyak hal dari siapapun yang suka menulis di blog. Dimulai dari belajar tentang berburu di Dollar di blog, sampai belajar dari tulisan-tulisan bloger, dan banyak lagi yang lainya.


Pada awal saya ngeblog di blogDETIK memang tujuan saya ngeblog di blogdetik hanya ingin berbicara tentang apa yang saya pikirkan di otak saya. Itu kenapa blog saya ini saya buat dengan nama aribicara.


Pada awal ngeblog di blogdetik saya memang sudah memulai menulis hanya terkait dengan isu-isu yang sedang populer dan jadi trends topic di berbagai pemberitaan media. Hal tersebut saya lakukan karena saya memang menyesuaikan dengan platform blogdetik yang merupakan bagian dari detik.com yang sekarang dibawah naungan Trans Corp.


Berjalanya waktu, saya juga memiliki banyak blog pribadi yang sudah menggunakan domain dan hosting sendiri. 2 diantara blog saya yaitu aribicara.com dan duniaperpustakaan.com.


Diluar itu ada banyak web dan blog yang saya kelola, akan tetapi web tersebut lebih terkait dengan organisasi, atau aktivitas sosial saya bersama teman-teman dan komunitas.


Yang terbaru sekarang saya juga sedang merintis sebuah website yang saya peruntukan untuk produsen-produsen khas produk asli Yogyakarta yang produknya sudah dikenal dunia.


Dalam kesibukan dan pekerjaan serta aktivitas saya tersebut, saya tetap menyempatkan diri untuk mengupdate blog saya yang di blogdetik ini.


Karena saya berfikir jika blog saya yang di blogdetik ini memang sudah begitu menyatu dan saya merasakan bahwa ngeblog di blogdetik ini sangat sesuai untuk menuangkan ide dan pemikiran saya serta kegelisahan saya yang ingin saya ungkapkan lewat tulisan.


Ngeblog untuk sebagian orang memang tidak perlu mengukur dengan nilai untung dan rugi. Tapi bagi saya, menilai untung dan rugi ketika membuat dan memutuskan dimana kita membuat blog harus tetap saya pegang.


Nilai untung dan rugi yang saya maksud diantaranya, sebagai seorang bloger tentunya sebuah kebanggaan ketika tulisan kita dibaca dan dikomentari oleh banyak orang. Untuk nilai yang satu ini blogdetik sudah menfasilitasi dengan dimuatnya tulisan kita di page detik.com, news.detik.com, sport.detik.com, health.detik.com, inet.detik.com, dan lainya.


Dari nilai itu saja bagi seorang bloger itu sudah merupakan nilai tersendiri. Kebetulan blog saya di blogdetik ini sudah memiliki 608 tulisan dan 9.669 Komentar dan untuk spam (yang menyebalkan) jumlahnya juga sudah mencapai ribuan yang sebagian besar sudah saya hapus.


Selain nilai dari pengunjung, tentunya ada nilai lain yang ini terkait dengan pendapatan dari blog. Entah sudah tak ingat saya berapa ribu dollar saya dapat dari blog yang di blogdetik ini sejak blog ini saya buat.


Walau menggunakan platform lokal bernama Blogdetik, ternyata blog saya ini sudah di aprove oleh berbagai website penyedia reviews yang berbayar dalam nilai kurs dollar. Padahal banyak orang bilang diawalnya dahulu, blog dengan konten berbahasa Indonesia tidak mungkin diaprove. Tapi ketika saya daftarkan, buktinya diaprove dan banyak mendapatkan reviews yang sekali reviews dibayar dari mulai $ 10, $20 hingga jika beruntung sampai $30 atau lebih.


Namun sayangnya saya sempat beberapa tahun vakum dan tidak mengupdate blog saya ini karena pernah bekerja yang harus keliling di berbagai daerah pelosok dan pulau terluar di Indonesia menyebabkan saya tidak memiliki banyak waktu untuk menulis.


Mungkin lebih tepatnya bukan karena tidak memiliki waktu tapi memang karena "malas" menulis karena alasan kesibukan kerja dan aktivitas sosial lainya.


Yang luar biasa dari blogdetik, walau blog saya ini pernah tidak saya update hampir setahun lebih, tapi ternyata Page Rank saya tidak berubah di angka posisi PR 4.


Dan sekarang saya sudah mulai untuk tetap update dan menulis di blogdetik lagi. Bahkan saya juga ingin terus ngeblog di Blogdetik karena saya juga ingin mewariskan Blog ini nantinya kepada anak dan cucu saya. hehehe..


Jangan dianggap keinginan saya ini Lebay ya karena walau Blog ini mungkin memang masih sangat buruk untuk para bloger seperti anda, tapi bagi saya blog di blogdetik ini tidak hanya berisi tulisan saja tapi juga sudah menghasilkan ribuan dollar yang bisa saya wariskan ke anak cucu saya loch hehehe..


Semoga saja Blogdetik makin maju dan terus berinovasi dan berkreasi serta memberikan ruang lebih untuk memanjakan para Blogger di Blogdetik...


Goooo Gooo Gooo..... BLOG (Detik) :-)