5 Negara dengan Ekonomi Terparah di Dunia 2013

5 Negara dengan Ekonomi Terparah di Dunia 2013.


Personal BLOG | Tahun 2013 sudah hampir usai, ada banyak pihak yang berlomba-lomba mengeluarkan "raport" untuk menilai sesuatu hal selama tahun 2013.


Salah satu penilaian yang baru-baru ini dilakukan oleh IMF yaitu terkait dengan peringkat 5 negara dengan perekonomian terparah di dunia tahun ini.


Dan jangan terkejut jika salah satu negara yang sangat terkenal di Dunia dan selalu diagung-agungkan sebagai negara yang sangat disiplin dan sangat maju dengan teknologinya, ternyata masuk diantara 5 Negara dengan perekonomian terparah di dunia 2013.


Negara mana yang dimaksud? (Baca di urutan kelima).


Seperti saya kutip dari detik Finance (24/12/13), Lembaga moneter internasional yaitu IMF (International Monetary Fund) membuat peringkat 5 negara dengan perekonomian terparah di dunia tahun ini. Apakah Indonesia masuk salah satunya?


Seperti dilansir dari CNN, Senin (23/12/2013), setidaknya ada satu penyebab utama kenapa negara ini dikategorikan sebagai yang terparah perekonomiannya.


Mau tahu negara mana saja dan apa alasannya? Berikut daftarnya.



1. Republik Afrika Tengah


Penyebab negara ini masuk daftar negara dengan ekonomi terparah di dunia adalah karena pertumbuhan ekonominya minus 14,5% tahun ini. Perang saudara menjadi penyebab utama parahnya perekonomian negara ini.


Kudeta terus menerus melanda negara tersebut, sehingga perekonomian tidak pernah stabil. Korupsi juga membuat ekonomi negara ini terpuruk. Padahal Republik Afrika Tengah ini kaya emas, berlian, dan uranium. Meski minus, IMF memprediksi tahun depan ekonomi negara ini akan stabil.


2. Malawi



Penyebab Malawi masuk sebagai negara dengan ekonomi terparah di 2013 adalah karena pendapatan per kapita negara ini hanya US$ 215,22. Hampir setengah dari masyarakat di negara ini hidup dengan uang kurang dari US$ 1 atau Rp 10.000 per hari. Ketahanan pangan menjadi tantangan utama negara yang berada di Selatan Afrika ini.


Nilai mata uang Malawi yang sangat rendah, membuat negara ini kesulitan mengimpor barang-barang penting seperti bahan bakar dan pengobatan. Sehingga ekonomi sulit bertumbuh. IMF memperkirakan ekonomi Malawi tumbuh 5% di tahun ini, namun negara ini masih menjadi salah satu negara termiskin di dunia.


3. Iran



IMF memasukan Iran sebagai negara dengan ekonomi terparah tahun ini karena inflasinya diperkirakan mencapai 42,3% di tahun ini. Iran sempat diberikan sanksi oleh AS selama 2 tahun karena masalah nuklir.


Iran diisolasi dan nilai mata uangnya turun sangat dalam sehingga inflasi naik tajam.


4. Republik Macedonia


Di negara ini, tingkat pengangguran mencapai 30,02%. Faktor ini yang menjadi penyebab IMF memasukannya ke dalam negara dengan ekonomi terparah di tahun ini.


IMF memprediksi sepertiga pekerja di negara ini akan menjadi pengangguran pada tahun ini. Industri unggulan di negara ini adalah agrikultur, tekstil, dan otomotif.


5. Jepang


Jepang masuk sebagai negara dengan ekonomi terparah tahun ini karena persentase utang terhadap PDB-nya mencapai 244%. Persentase utang terhadap PDB ini bisa dibilang yang tertinggi di dunia. Karena AS itu persentasenya 105%, dan Yunani 175%.


Negara ini mengimplementasikan program ambisiusnya tahun ini, yaitu anggaran infrastruktur yang jor-joran.