Hari Guru : Setiap yang Memberi Ilmu (+) adalah Guru

Hari Guru 2011


Ilustrasi gambar||kaskus.us


Hari ini tepatnya tanggal 25 November 2011 diperingatinya Hari Guru Nasional.Sebagaimana pada tahun 2010 yang lalu saya juga menuliskan penghormatan yang sebesar-besarnya untuk para guru saya terdahulu melalui tulisan DISINI.


Jika kita merujuk makna guru pada saat terdahulu saya memahami guru itu hanya sebatas guru-guru yang mengajar kepada saya di lembaga-lembaga pendidikan Formal (TK-SD-SM-SMA-Perguruan Tinggi, dst).


Namun di era teknologi informasi dan internet seperti sekarang ini, saya memahami bahwa guru itu memiliki makna yang semakin luas. Makna guru saat ini lebih saya fahami kepada SUBSTANSI dari nilai dan bukan hanya berhenti pada pemahaman LEGALITAS.


Seorang Guru yang saya fahami adalah setiap orang yang sudah memberikan ilmu (positif) kepada kita tanpa harus melihat status sosial dan gelarnya. Bahkan ketika saya sedang mengobrol dengan seorang tukang parkir yang dalam obrolan tersebut beliau sudah berbagi ilmu tentang bagaimana cara kita bersyukur atas nikmat Tuhan dan memberi motivasi dalam setiap kerja dan usaha, maka seorang tukang parkir tersebut sudah saya anggap sebagai guru saya.


Seorang bloger yang di dalam blognya menuliskan tentang bagaimana cara membuat Blog, bagaimana cara mendapat duit dari Blog, atau berisi tentang ilmu-ilmu yang lain maka pemilik blog tersebut sudah saya anggap sebagai guru saya.


Bahkan seorang teman di jejaring social di facebook ataupun Twitter jika dalam update status mereka merupakan ilmu yang bermanfaat untuk saya, maka saya juga akan menyebutnya sebagai seorang guru bagi saya.


Begitulah saya memahami guru secara substansi dan nilai dan tidak melihat dari status sosial atau gelar mereka. Penilaian ini saya tekankan karena saat ini orang sering membangga-banggakan gelar dan titel jika mereka seorang guru tapi belum tentu secara substansi (nilai) mereka adalah guru yang baik.


Namun saat ini begitu banyak orang yang mungkin secara gelar dan keilmuan mereka bukanlah guru, tapi secara substansi (nilai) mereka telah memberikan ilmu yang luar biasa bermanfaat untuk orang banyak.


Selamat Hari Guru Nasional 2011